Minggu, 14 Agustus 2016

6 Tips Rumah Bebas Nyamuk

6 Tips Rumah Bebas Nyamuk - Nyamuk bukanlah serangga yang asing untuk orang-orang Indonesia. Baik panas ataupun hujan, serangga penyebabnya gatal serta penyakit ini tidak pernah berhenti mengganggu.

Bila Anda terasa sudah berupaya optimal untuk mengusir nyamuk dari tempat tinggal Anda tetapi tidak sukses, mungkin saja Anda melupakan banyak hal di bawah ini.

1. Tumpukan barang

Nyamuk sukai bersembunyi di beberapa tempat yang gelap serta lembab, seperti di sela-sela tumpukan barang maupun diantara gantungan pakaian. Beberapa tempat ini umumnya terlindung waktu Anda menyemprot obat penghilang serangga hingga nyamuk tetaplah mengganggu tidur Anda walau Anda telah menyemprot ruang.

Pemecahannya :

Upayakan tidaklah terlalu banyak menumpuk barang dirumah. Bila sangat terpaksa, jauhkan letaknya dari sebagian ruang yang kerap dipakai untuk melakukan aktivitas.

Lakukan tutup almari untuk menghindar nyamuk masuk ke dalamnya serta dengan cara teratur mengibas-ngibaskan baju yang bergantung di dalamnya untuk mengusir nyamuk yang bersembunyi.

2. Lubang di tanah

Mungkin saja terdengar janggal, namun lubang-lubang di tanah dapat menyebabkan genangan sebagai sarang nyamuk. Lubang-lubang ini letaknya dapat tersembunyi atau tidak sering tampak oleh Anda.

Pemecahannya :

Sempatkan diri mengecek beberapa pojok halaman tempat tinggal Anda. Bila Anda temukan lubang atau cekungan, selekasnya timbun atau tutup lubang itu.



3. Tanaman liar

Terkecuali di sela-sela tumpukan barang, nyamuk juga sukai bersembunyi di daun-daun tanaman, terlebih yang berupa lebar tidak tebal ataupun memanjang, dan di lubang-lubang pohon. Ini yaitu satu diantara perasaan bertahan hidup serangga itu dari hewan-hewan pemangsa.

Pemecahannya :

Senantiasa rawat taman Anda. Basmi rumput-rumput liar serta tempatkan tanaman-tanaman berdaun lebar atau panjang sejauh mungkin saja dari ruang tempat tinggal Anda. Lalu, cermati pohon-pohon di halaman tempat tinggal Anda, tutup dengan plastik bila Anda temukan celah atau lubang yang cukup dalam untuk persembunyian nyamuk.

Anda dapat juga menanam tanaman-tanaman yang dibenci nyamuk di sekitaran taman Anda seperti lavender, serai wangi, akar wangi, kecombrang, maupun selasih.

4. Aliran hawa tak lancar

Nyamuk suka ada di lingkungan yang lembab serta panas.

Pemecahannya :

Perbaiki aliran hawa dirumah Anda. Tahukah Anda? Nyamuk tak sukai dengan kipas angin lantaran nyamuk sangat lemah untuk melawan hembusan angin.

5. Banyak ‘pintu masuk’ untuk nyamuk

Nyamuk pintar memakai lubang-lubang kecil untuk masuk ke tempat tinggal Anda. Karenanya, check dengan cermat tiap-tiap celah yang mungkin saja dapat digunakan serangga pengganggu itu untuk masuk ke tempat tinggal Anda. Tetapi, sangat rapat tutup tempat tinggal bikin tempat tinggal merasa gerah.

Pemecahannya :

Pakai kawat kasa untuk tutup jendela. Pakai juga pintu kasa yang melapisi pintu paling utama. Dengan hal tersebut, Anda dapat tetaplah buka pintu serta kaca jendela lebar-lebar supaya hawa tetaplah sejuk, tanpa ada mesti takut diserang nyamuk.

6. Banyak genangan air

Penyebabnya yang satu ini mungkin saja telah banyak yang tahu. Genangan air yaitu hanya satu media berkembang biak nyamuk. Namun tahukah Anda kalau genangan kecil juga, dengan ketinggian 1-2cm didalam botol plastik umpamanya, telah cukup untuk nyamuk untuk berkembang biak?

Pemecahannya : Disiplinlah bersihkan tempat tinggal dari sampah, terutama yang terbuat dari plastik serta dapat menyimpan plastik, sekecil apa pun itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar